CEKLIST KELENGKAPAN PORTOFOLIO UJI KOMPETENSI PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN SKEMA PERSONEL LAINNYA

 

CEKLIST KELENGKAPAN PORTOFOLIO UJI KOMPETENSI PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN SKEMA PERSONEL LAINNYA

Nama: ...

Satuan kerja: ...

Jenis Kompetensi Perencanaan Pengadaan

No.

Indikator Kompetensi

Dokumen Utama

Dokumen Pendukung

Ceklist

1

Mampu melakukan pekerjaan penyusunan Spesifikasi Teknis dan Kerangka Acuan Kerja (KAK) berbasis masukan (input), proses, dan keluaran (output) sesuai dengan analisis proses produksi/ pelaksanaan pekerjaan, untuk pekerjaan yang tidak kompleks dan/atau tidak membutuhkan kompetensi teknis yang spesifik

Dokumen  Spesifikasi Teknis/

KAK

Antara lain:

       KAK kegiatan;

       Standar yang diterbitkan oleh Instansi Pemerintah/ Asosiasi Industri;

       Katalog produk dari penyedia;

·        Standar yang diterbitkan oleh Instansi Pemerintah/ Asosiasi Industri;Jurnal/informasi  hasil penelitian/ pengujian/ kajian dari tenaga ahli, komunitas profesional atau peneliti

 

2

Mampu melakukan pekerjaan penyusunan Perkiraan Harga sesuai dengan analisis proses produksi/pelaksanaan, untuk pekerjaan yang tidak kompleks dan/atau tidak membutuhkan kompetensi teknis yang spesifik

Dokumen perkiraan harga

Antara lain:

       Kertas Kerja Perhitungan perkiraan harga satuan;

       Spesifikasi Teknis/ KAK; atau

       Data/informasi yang dapat digunakan untuk menyusun perkiraan harga sesuai dengan ketentuan

 

3

Mampu melakukan perumusan Pemaketan dan Cara Pengadaan sesuai Strategi Pengadaan

 

Dokumen Pemaketan dan cara pengadaan berupa Rencana Umum Pengadaan (RUP)

 

 


 

Jenis Kompetensi Pengelolaan Kontrak Pengadaan

No.

Indikator Kompetensi

Dokumen Utama

Dokumen Pendukung

Ceklist

1

Mampu melakukan pekerjaan Perumusan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dalam bentuk Surat Perjanjian

Dokumen kontrak

Antara lain:

       Dokumen Rancangan Kontrak

       Berita Acara rapat persiapan penandatangan kontrak;

       Dokumen Hasil Pemilihan;

       Surat  Penetapan  Pemenang;atau

       Dokumen Summary Report

 

2

Mampu melakukan pekerjaan Pengendalian Pelaksanaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah terhadap masukan (input), proses produksi/pelaksanaan, dan keluaran (output) hasil pekerjaan berupa Barang/Jasa yang tidak kompleks

Dokumen pengendalian kontrak (laporan pengawasan dan pengendalian)

Antara lain:

       Instrumen  pengendalian  kontrak (kurva S, diagram batang, network planning,

       monitoring jadwal);

       Dokumen Rencana/ Target Pelaksanaan  Pekerjaan dan realisasi pelaksanaan;atau

       Dokumen  Laporan  Kemajuan/output Pelaksanaan Pekerjaan

 

3

Mampu melakukan pekerjaan Serah Terima Hasil Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah berupa Barang/Jasa yang tidak kompleks setelah melalui proses penjaminan

mutu (quality assurance)

Dokumen serah terima hasil PBJP

Antara lain:

1.     Dokumen pemeriksaan hasil pekerjaan  (uji

2.     mutu/kualitas);atau

3.     Dokumen kertas kerja pemeriksaan barang/jasa

 

 


 

Jenis Kompetensi Pengelolaan Pengadaan Melalui Swakelola

No.

Indikator Kompetensi

Dokumen Utama

Dokumen Pendukung

Ceklist

1

Mampu melakukan analisis dan pemecahan masalah teknis operasional Penyusunan Rencana, Persiapan, Pelaksanaan, dan Pengawasan pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara Swakelola.

Dokumen  analisis permasalahan teknis operasional dan pemecahan masalah pada tahapan swakelola

Tidak ada

 

2

Mampu melakukan pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa secara Swakelola untuk pekerjaan dengan masukan (input) berupa personil dengan keahlian tertentu dan bahan/material umum, proses/metode pelaksanaan telah memiliki standar/pedoman yang spesifik sesuai bidang pekerjaan dengan variasi pelaksanaan tergantung pada kondisi lapangan, dan/atau keluaran (output) yang akan

dihasilkan dapat diukur secara kuantitatif dan/atau kualitatif

Laporan Pelaksanaan Pekerjaan Swakelola

Antara lain:

       Dokumen RUP yang menunjukkan pekerjaan swakelola

       Dokumen KAK swakelola; atau

       Dokumen persiapan, diantaranya:

o   Penetapan sasaran swakelola

o   SK penyelenggara swakelola

o   Penetapan rencana kegiatan

o   Penetapan jadwal kegiatan

o   Penetapan RAB

o   Penetapan dokumen kerjasama /MoU (khusus tipe II); atau

o   Penetapan rancangan kontrak swakelola

 

 

Catatan:

Jika tidak ada bisa melakukan kajian dengan metode STAR, yang meliputi aspek:

1.     S (Situation & Task) : Apakah peran/tugas PPK dalam melakukan swakelola? Gambarkan paket pekerjaan tersebut termasuk tipe swakelola yang dipilih.

2.     T (Time) : Kapan dilakukan swakelola?

3.     A (Action) : Bagaimana tahapan dalam swakelola? Ceritakan secara singkat tahapan swakelola tersebut termasuk dokumen/acuan yang digunakan/dihasilkan.

4.     R (Result) : Apakah sumberdaya yang digunakan mencukupi dalam pengelolaan swakelola tersebut?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Langkah Strategis Pembuatan Etalase Produk Konstruksi Katalog Elekronik

Membedah Rahasia Dokumen Referensi Harga: Panduan Lengkap Menyusun Prompt untuk Pengadaan Barang yang Efektif dan Transparan

PROMPT AI IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BARANG/JASA